Selasa, 11 Agustus 2015

Menulis Kreatif

Kata "Menulis Kreatif" sebenarnya bukan sesuatu yang baru, walau orang seneng sesuatu yang berbau kreatif. Kaya ada sesuatu yang beda gitu. Bisa gue bilang sama dengan menulis pada umumnya. Sama yang kita dapetin waktu pelajaran bahasa indonesia di sekolah. Hanya waktu nulis kita gak ngikut pakemnya. Gak pake bahasa baku ala hikayat. Gampangnya ya nulis aja apa yang kita mau. Apa yang kita inginkan dan apa yang kita rasakan. Semudah itu kok.

Pertama kali dapet istilah "Menulis Kreatif" itu waktu ikut pelatihan kepempimpinan tingkat mahasiswa. Awalnya gue pikir yang ngasih materi itu seorang penulis atau paling gak mahasiswa yang rangkap jadi jurnalis. Taunya yang ngasih materi seorang dosen, dan bukan dosen dibidang bahasa. Tapi ya bodo amatlah. Gue ngikutin aja sampe selasai. Karena gue seneng nulis walau perkuliahan gak merestui gue untuk menulis. Namun dari semua materi yang disampein, kaya ada yang kurang gitu. Sesuatu yang biasanya seorang penulis miliki sebelum menggores karya dalam kertas atau memijat keyboard komputer. Dosen yang ngasih materi kayaknya lupa kalau seorang penulis sebelum nulis pasti punya keresahan yang akhirnya dia tuangkan dalam tulisan. Walau banyak memilih untuk curhat sama temen tapi keresahan adalah poin penting dalam menulis.

Gue dapet itu dari ebook yang ditulis sama Raditya Dika. Gue dapet itu waktu gue ngirim tulisan di Loop Kepo. Ada sayembara gitu, suruh ngumpulin tulisan dalam format Word, 500 kata. Gue ikutan aja walau gue gak tau apa hadiahnya kalo menang. Begitu ngirim, langsung dapet link download ebook yang ditulis Raditya Dika.

Dibilang apa menulis kreatif itu sulit? Gue gak bisa ngasih jawaban pasti. Mungkin penulis terkenal juga bingung ketika ditanyain pertanyaan semacam itu. Buat gue pribadi, menulis adalah cara gue untuk menyampaikan sesuatu. Jujur, gue ini introvert. Gue gak pernah ceritain masalah apapun ke orang-orang, bahkan orang tua gue sekalipun gak tau. Pokoknya gue simpen aja terus. Lama-lama gak tahan juga nyimpen terus menerus. Karena itu gue milih menulis.
Alhasil gue milih nulis karena main musik sama gambar udah terlalu mainstream. Tulisan yang udah gue buat terus dishare lewat blog gue. Disitu pasti ada yang liat, entah baca beneran atau sekedar liat terus di close, atau istilahnya blogwalking. Gak masalah, yang penting bisa nyampein sesuatu ke orang lain. Sukur-sukur dapet pencerahan. Disitulah awal gue menulis.

Sekarang ini banyak banget pemikiran dalam kepala gue yang harus dikeluarin. Saking banyaknya, gue bingung mau mulai nulis darimana? Setiap hari selalu bermunculan kalimat-kalimat baru. Entah lagi ngelamun, keluar rumah hingga dalam mimpi juga ada. Sedangkan yang kemarin aja belum dibikin draft. Sakau tulisan lebih tepatnya. Mulai dari yang sifatnya umum sampai pada percintaan. Semuanya pada ngumpul kecampur dalam blender yang terus berputar. Menunggu campuran dalam blender tumpah kalau gak dikeluarin. Meleber kemana-mana.


Menulis Kreatif atau bisa juga disebut “Menulis” sebenarnya bisa dilakuin oleh semua orang. Semua orang punya hak yang sama untuk menulis. Semua orang punya hal yang bisa untuk ditulis. Sayangnya budaya kita di Indonesia tidak mendukung untuk menulis. Menurut gue sendiri adalah karena budaya kita yang seneng nongkrong. Ngumpul bareng habis kuliah terus ngopi sampe ngutang karena terlalu asik nongkrong. Nongkrong pastinya kan ngobrol, jarang kan liat orang nongkrong itu nulis bareng. Sehingga banyak kertas yang terbuang dan menjadi bungkusan nasi bungkus. Pernah kan liat nasi bungkus tapi bungkusannya lembar jawab UN. Atau nasi bungkus dengan catatan alogaritma sebagai bungkusannya. 

Menulis juga gak harus dilakuin sama orang yang kuliah dibidang bahasa atau sastra. Siapapun boleh, Gue contohin diri gue sendiri. Gue kuliah mekatronika, dimana kuliahnya gak banyak nulis tapi praktikum dalam lab dan bengkel. Nulis cuma sebatas laporan dan tugas. Sisanya perkakas dan komponen elektronika yang berkerja. Lalu liat penulis yang terkenal sekarang, gak semua penulis terkenal sekarang latar belakangnya sastra atau bahasa. Justru macem-macem, Coba aja kepoin di twitter. Apakah mereka punya latar belakang dibidang bahasa dan sastra? Gue rasa gak semua penulis kaya gitu.


0 komentar:

Posting Komentar