Sabtu, 22 Agustus 2015

Kehidupan Gamer (Part 8)

Masih jelas terpampang bagaimana saya waktu itu berhenti ngegame. Tepatnya saat mulai kuliah. Selama dua semester saya jalani tanpa game. Awalnya saya gak ngalami kesulitan, namun seiring berjalannya waktu saya merasa tersiksa. Sebagai orang yang seneng ngegame dan tiba-tiba berhenti tanpa sebab, hal ini merupakan ketidaknyamanan jiwa. Saking saya sukanya dengan game, saya pernah rela gak jajan sewaktu sekolah biar bisa ngegame. Sehabis sekolah saya langsung lari ke gamenet dan main dengan uang saku saya tersebut. Selama saya masih ngegame, saya gak ngalamin penderitaan. Gampangnya kalo capek atau marah, saya bisa melampiaskannya dengan ngegame. Namun hal itu berbeda ketika saya kuliah.

Selama saya berhenti ngegame, saya ngerasa lesu setiap saat. Dimanapun dan kapanpun. Cobaan datang terus-terusan. Tekanan datang bergiliran. Satu selesai berikutnya datang lagi. Selama itu saya uidah nyoba banyak cara buat ngilangin itu. Mulai dari tidur, banyak main sampai dengerin musik, itu hanya berkerja sesaat. Selebihnya datang lagi kaya ketombe. Kegelisahan saya mulai menjadi-jadi. Sempat saya bertanya pada diri sendiri "Kenapa jadinya gini? Bukannya nyelesaiin masalah malah mambah masalah lagi. Ini ada apa sebenarnya." Pertanyaan itu mengusik terus menerus.

Sampai suatu saat, saya diajak temen buat ngegame lagi. Jadi anak gamenet lagi. Billy namanya. Dia ngajakin saya main DOTA 2. Gak hanya nawarin, dia gak segan-segan manas-manasin saya dengan ceritanya tentang hero-hero dota 2. Kebolehan dia dalam bermain. Bla bla bla... Banyak lah. Dimanapun kalau ada saya, langsung jadi sales nawarin produk pada saya.  

Walau saya cuekin dia pada awalnya, dia justru semakin panas. Ibarat orang yang ikut MLM. Selama belum dapet orang, serang terus pokoknya. Tetapi ada saatnya saya mulai kepanasan dengan omongan dia. Omongannya sudah mulai manasin rasa penasaran saya dengan DOTA 2. Akhirnya sehabis dari gereja, dia ngajak main dota. Kita cari yang palilng deket dari gereja. Dua jam tryout pun belum mulai memanaskan diri saya. Hingga sampai rumah, rasa penasaran saya makin menjadi-jadi. Candu mulai tunbuh. Sehingga saya mulai masuk lagi gamenet. Mulai main lagi setelah kulilah. 

Jujur aja, saya sebenarnya gak seneng main game online. Karena dulu saya masih main Ragnarok, RF terus nyicipin juga PB. Hal itu gak berlangusng lama. Masalah mulai muncul ketika udah "Pay To Win" Istilah dari orang yang rela menggali kantong sendiri demi sebuah item yang belum tentu permenen. Ada batas waktunya. Jika udah gitu, mau gak mau kita harus main terus biar gak rugi. Udah beli tapi masih kalah juga rugi. Makanya saya mulai jauhin gamenet. Gimana lagi, saya bukan anak orang kaya. Gak bisa beli voucher setiap saat walau harganya sama dengan harga pulsa. Yaudah saya berhenti. Ditambah lagi, gak tau tuh main terus-terusa mau dibawa kemana? Saat itu juga masih sepi event. Palingan cuma opening server baru sama tempat baru.

Hal ini berbeda ketika saya mulai mencicipi DOTA 2. Walau ada voucher steam, tapi itu gak ngaruh sama sekali. Masalahnya kalian beli voucher cuma buat kostum hero sama item-item pendukung doang. Permanen lagi. Walau mahal tapi gak ada beban kaya PB. Dimana yang menang yang berduit. Itu gak saya temuin di DOTA 2. Penentuannya adalah skill dan wawasan tentang hero dan item. Dijamin 100%, karena semua player pake hero dan item yang sama, hanya gimana nyusun strategi dan teamwork satu dengan lainnya.

Menurut saya, DOTA adalah game yang maksa semua playernya berkembang. Walau hero sama, item sama dan map sama tapi setiap match bertemu player yang berbeda. Beda player tentu beda cara main, dan yang pasti beda strategi. Menyebabkan saya mau gak mau harus nyoba lebih dari satu hero. Gak mungkin juga pake satu hero terus. Harus liat temen dan lawan juga kaya gimana. Situasi bisa berubah setiap saat, maka semua player harus beradaptasi dengan permainan yang ada. Saya sampai sekarag masih kewalahan main dengan berbagai macam player, khususnya pinoy player. Pinoy adalah sebutan bagi orang Filipina, entah tinggal diluar Filipina atau gak. Semua pemain pasti ngalamin hal yang sama dengan saya ketika main dengan Pinoy.

Trash talk, noob dan gak ngerti team adalah sebagian dari problem yang dirasakan ketika bermain dengan pinoy. Saking keselnya dengan pinoy, sampai-sampai ada petisi yang ingin server Dota di Filipina dihapus, biar gak ngeganggu yang lain.

Walau cuma permainan virtual. Tapi tetep kita harus respect sama pemain lain. Jangan bikin kekacauan dalam game. Biar cuma satu jam, tetep deh gak usah bikin keributan. Kadang pemain Indonesia masih aja bikin kekacauan. Skill minus bacot plus. Bukannya skill yang ditambahin malah bacotan yan ditambah. Udah gitu bacotan pasar pula. Apa jangan-jangan mereka bukan anak sekolah ya? Bacotnya gak dikasih ilmu, terlalu sibuk ngasih ilmu dikepala. Gak sedikit pula bacotan berbau rasis keluar. Pada gak mikir apa ya? Dota itu server internasional, semua orang bisa denger bahkan orang luar Indonesia. Kalo ada orang luar negeri yang tahu bahasa indonesia, udah gawat tuh. Bisa-bisa Indonesia bernasib sama dengan Pinoy.

Jika masih pengen main Dota di Indonesia. Please, be a smart gamer. Jadilah gamer yang cerdas dan beretika. Beretika gak mesti dihadapan orang yang lebih tua atau guru. Dalam game juga. Kalo kalian respect dengan gamer lain, gamer lain juga respect sama kalian.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar