Jumat, 25 Januari 2013

Assassin Creed 3 : Review and Tips

Siapa yang gak tau game Assassin Creed 3? Game Action Adventure dari sekuel Assassin Creed dan Assassin Creed 2 sampai Assassin Creed Revelation memang udah ditunggu-tunggu sejak akhir tahun 2012. Banyak yang memprediksi game ini bakal sukses dipasaran, dan terbukti game ini langsung dicari para gamer di dunia setelah dilaunching di seluruh dunia.  Lebih hebatnya lagi, pihak Ubisoft membuat Game ini bisa dimainkan di PC, Xbox 360, Ps3 dan Wii U. Gimana gak asik tuh ! Sebelumnya seri Assassin Creed gak pernah muncul di Wii U dan sekarang Wii U mendapat kesempatan menjadi saksi kehebatan Assassin Creed 3. Selain itu, Assassin Creed 3 juga dihadirkan fitur-fitur baru yang membuat game ini menjadi terlihat nyata dan realistis. 


Yang menjadi perbedaan dari Assassin Creed sebelumnya adalah settingnya diambil pada jaman Revolusi Amerika. Karakter yang kita mainkan adalah Connor/ Ratonhnhaké:ton. Connor merupakan blasteran Indian dan Inggris, Ayahnya bernama Haynam Kenway seorang Inggris dan ibunya berasal dari Suku Indian. Connor tidak sengaja terjun menjadi Assassin saat ia diperlihatkan "Apple Of Eden" oleh kepala suku dan bertemu dengan Juno. Setelah itu ia pergi menemui Archiles, seorang Master Assassin untuk belajar menjadi seperti dia. Connor tidak memihak siapapun, dia golongan abu-abu.



Review

Gameplay Assassin Creed 3 bisa dibilang dapat mengajangkau segala tempat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Gerakan-gerakan freerun sudah ada perkembangan disertai beberapa Vaulting yang menambah kesam game ini jadi nyata. Persenjataan Connor terlihat lebih ringkas dan tidak terlihat mencolok. Hanya terlihat Panah, Tomahawk, Pedang dan Hidden Blade yang ada dalam opsi senjata, namun bisa menggunakan Dagger dengan mengganti slot Tomahawk. Namun item pendukung jumlahnya lebih banyak, termasuk pistol sudah diperkenalkan sebagai senjata, bukan modifikasi dari Hidden Blade seperti yang digunakan Ezio (Assassin Creed 2) . Untuk serangan combo sudah bervariasi. Berlaku semua senjata termasuk tangan kosong. Human Shield, atau menggunakan musuh sebagai tameng diperkenalkan di game ini. Begitu juga Counter Attack bisa dilakukan dua musuh sekaligus dalam satu serangan dan gerakan baru dalam Assassin Creed 3 adalah 'Kill and Run" yaitu Connor bisa membunuh dan langsung lari menjauh tanpa harus diam ditempat. Ini yang membuat Assassin Creed 3 lebih menarik dari seri sebelumnya. Controller Assassin Creed 3 sudah dibuat lebih ringkas dari sebelumnya. Untuk freerun hanya memencer satu tombol dan otomatis akan melakukan sendiri. Hiding Spot juga mulai banyak ditemui dan bisa berada dimana saja tanpa harus tergantung tempat. Umumnya hiding spot pada Jerami, Sumur atau duduk di bangku diantara 2 orang atau membaur dengan orang-orang. Biarpun Hiding Spot banyak bertebaran namun hal itu tidak menjamin mudah lolos dari kejaran Prajurit Templar, nyatanya Prajurit Templar disini lebih agresif dan menyerangnya selalu bergerombol. Recruitmen disini terbatas, cuma 6 orang dan gak bisa milih tapi setiap recruitmen punya skill masing-masing. Bahkan untuk menalkukan benteng gak rempong harus bunuh kaptennya diam-diam, kalo ketahuan langsung sembunyi.

"Tomahawk"



"Counter Attack"


Gerakan "Kill and Run"



Yang membuat saya mengatakan game ini berbeda dari sebelumnya adalah Naval Battle. Naval Battle adalah pertempuran di laut lepas dengan kata lain Connor menjadi kapten dan komandan kapal. Naval Battle masuk dalam Side Mission. Biarpun Side Mission juga mampengaruh Optional Object. Tidak hanya Main Mission, Side Mission Juga ada optional Object. Saya sendiri juga jarang nyelesain optional object, karena ribet. Jangan lupakan Fast Travel, Fast travel disini bentuknya terowongan dan kita harus menjelajahi sendiri dengan bantuan lentera, berusaha mencari jalan pintas sendiri. 


Tambahan baru disini adalah Homestead. Kurang lebih sekumpulan orang yang diselamatkan Connor, sebagai balas jasa mereka membantu Connor untuk mengumpulkan bahan-bahan membuat senjata dan menjual item dalam bentuk Convoy. Setiap Homestrad punya skill masing-masing dan setiap level akan mendapat bahan material baru yang bisa digunakan Connor untuk membantunya. Yang merepotkan adalah untuk membuka bahan crafting harus menyelesaikan Homestead Mission.


Plus
  • Gerakan Freerun terlihat hidup.
  • Bisa bergerak bebas dalam kota maupun hutan.
  • Adanya Kill and Run menambah kesan Assassin lebih menonjol.
  • Gerakan Combo lebih aktraktif dan lebih greget.
  • Store tidak begitu banyak jadi gak menuh-menuhin maps.
  • Steal bisa berkali-kali dengan orang yang sama.
  • Hiding Spot lebih banyak dan mudah diakses
  • Sistem health masih menggunakan Health Bar, namun dapat mengisi sendiri ketika tidak melakukan serangan.
  • Untuk mengambil alih Benteng gak rempong.
  • Lebih mudah untuk memecah kelompok templar.
  • Counter Attack bisa dua musuh sekaligus.
  • Berlari di antara pohom merupakan opsi yang bagus untuk menyingkat jarak.
  • Recruitmen punya skill masing-masing

Minus
  • Prajurit Templar lebih agresif jadi susah untuk menghindar.
  • Homestrad Missionnya rempong karena setiap orang beda misi.
  • Farming disini sudah karena harus buat crafting item dan ngirim convoy, belum kalo convoynya diserang.
  • Crafting lebih repot kalau level Artisan belum cukup, gak bisa. Apalagi harus crafting item lain dulu
  • Storyline Connor menjadi kurang terasa karena sebagian kepotong Storyline Haynam Kenway saat berada di Amerika.
  • Side Mission kebanyakan berbentuk Challange.
  • Untuk recruitmen, sedikit repot karena harus menyelesaikan Liberation Mission dan jumlanya terbatas.
  • Recruitmen cuma ada 6 dan gak bisa milih.

Tips

  • Untuk yang pengen main "Diam-diam" , selalu pastikan tools selalu penuh sebelum ngelakuin misi
Pada umumnya gamer yang suka main "Diam-diam" akan berusaha menghindari musuh dan melumpuhkan tanpa terdeteksi. Jadi saya sarankan lebih banyak main dengan Tools, seperti poison, bow atau apapun yang bisa digunakan dari jarak jauh. Karena itu sangat efektif digunakan saat Main Mission. Jika sudah terpecah, baru terang-terangan menyerang.

  • Bagi yang mau main "Brutal", Siapin Weapon Slot dengan Weapon. 
Weapon Slot yang dimaksud adalah 4 Slot yang udah disiapkan. Pastikan aja semua slot sudah tersedia, seperti Hidden Blade, Sword dan Tomahawk. Dengan begitu gak perlu milih senjata sebelum perang.

  • Jika memilih main "Brutal" mulailah dengan counter attack. 
Kedengarannya gak asik kalo harus nunggu diserang. Namun dengan trik seperti itu, saya menemukan keuntungan lebih diantaranya  gak langsung dikeroyok, karena main counter attack dan bisa ngekill 2 sekaligus. Dapat langsung Killstreak. Kalau gak bisa dicounter, Break Defence dulu baru serang. Bisa langsung "Kill and Run" kalau perlu.

  • Banyakin Convoy. 
Yang dimaksud disini adalah kereta dorong yang dikirim untuk Farming. Tapi gak semudah ngirin terus nunggu sampai selesai. Karena ditengah-tengah convoy kalian akan diserang Templar, Untuk convoy kerata masih bisa dilindungi namun kalo kapal nungguin aja sampai selesai. Karena semakin banyak convoy, semakin banyak item yang dikirim dan pemasukannyas emakin banyak.

  • Cari Kotak harta. 
Kotak harta tersebar dikota dan frontier. Dalam mini maps Indikatornya gambar kotak harta karun. Memang hasilnya gakm begitu banyak tapi gak salah kalo dicoba. Tiap kotak selain ada uang juga ada resep item yang bisa dicrafting dan dikirim pake convoy.


Mungkin segitu aja yang bisa tak sampaikan. Karena hampir semua tutorial udah ada digameplay, tinggal dikembangkan dengan cara kalian sendiri. Moga-moga bermanfaat dan Happy Gaming





Categories:

13 komentar:

  1. Mau tanya, mengapa saat craft senjata, inventory full, solusinya gmn agar inventory kita cepat kosong,?

    BalasHapus
  2. Gampang, buang aja inventory yang gak penting atau craft item yang lain dulu biar inventory gak penuh

    BalasHapus
  3. Cara Huang gmna inventorinya

    BalasHapus
  4. Cara Huang gmna inventorinya

    BalasHapus
  5. knp kita membuat kereta dorong nggak bisa....??

    BalasHapus
  6. Store-nya yg mana ya iconnya bingung gua

    BalasHapus
  7. mau nanya bang,kalo udah tamat bisa ngulangin misi gk
    soalnya aku kangen ama misi naval battle

    BalasHapus