Sabtu, 23 Maret 2013

Far Cry 3

Seneng banget akhirnya bisa nyelesain game ini. Far Cry 3 adalah salah satu game yang paling ditunggu di tahun 2013. Belum lagi orang-orang Indonesia kebanyakan, bukan maksud offense tapi pada males buat review. Coba saja kalian search di Google, game apapun. Ketika kalian ketik "Review" pasti kebanyakan itu postingan orang luar negeri. Maka dari situ yang membuat saya, secara pribadi, setelah namatin game berusaha buat review dalam bahasa Indonesia biar bisa bantu temen-temen gamer yang kesusahan.




Far Cry 3 secara storyline gak berhubungan dengan Far Cry 1 & 2. Biarpun setting tempatnya gak jauh beda, namun dari character udah berbeda. Umumnya saya terkecoh sama cover sama orang yang rambutnya Mohawk, awalnya saya pikir itu character yang dimainkan. Sebenarnya itu adalah Vaas, Character antagonis di Far Cry 3. Terus siapa protagonisnya? Protagonisnya adalah Jason Brody, Karena Far Cry 3 adalah game FPS dan genre Action-Adventure dan Survival. 

Storyline

Awal cerita ketika sekelompok anak muda sedang liburan. Secara tidak sengaja mereka tertangkap oleh sekelompok perompak yang dipimpin oleh Vaas. Vaas dikenal sebagai psikopat serta pemimpin perompak. Ketika semua teman-temannya tertangkap, Jason bersama Grant berusaha melarikan diri. Namun keberadaan mereka diketahui oleh Vaas dan Grant mati ditempat. Semantara itu Jason berhasil kabur dari kejaran Vaas, lalu Jason diselamatka Dennis, salah satu dari kaum "Rakyat". Kaum Rakyat memeliki kepercayaan jika ada yang berhasil kabur dari markas Vaas maka dia adalah seorang pemimpin kaum Rakyat, dan mereka menganggap Jason adalah pemimpin mereka. Disaat itu juga ia harus menyelamatkan teman-temannya dan memimpin kaum Rakyat berperang dibawah kekuasaan Citra, presidennya Rakyat. Tatto di tangan kirinya itu menunjukan bahwa dia sudah bergabung dengan Rakyat, karena umumnya kaum Rakyat memiliki tatto di anggota tubuh mereka.

Gameplay

Gameplaynya secara keseluruhan seru buat yang suka game Action Adventure-survival. Far Cry 3 sendiri (bisa dibilang) merupakan gabungan dari Assassin Creed 3 dan Crysis 2. Mengapa?! Mari kita lihat dari sisi Assassin Creed 3.
  • Assassin Creed 3.
Yang bikin nampak AC3 nya adalah adanya Map yang blank dan harus dikuasai. Radio tower yang tersebar harus diambil alih untuk membuka map tersebut. Kedua adalah crafting. Jason yang tidak tau bagimana cara bertahan hidup harus bisa bertahan dengan menggunakan instingnya. Crafting disini lebih ke equip slot, item slot dan weapon slot. Tentu saja harus berburu hewan, diambil kulitnya dan crafting... Selain equip, Health bar juga bisa diperoleh dari crafitng. Lebih tepatnya tanaman, Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dicrafting, namun yang disering dipakai ada 4 jenis. Hijau, fungsinya untuk potion pemanbah darah. Merah, fungsinya mirip buff, Jika pernah main Seal atau RF. Sebelum war atau hunting, pasti pada bilang "Paket kk.." Kuning, hampir sama dengan yang merah hanya ini belaku bagi hewan. Biru, lebih untuk agility. Bisa double speed atau nyelem lebih lama.
Selain tower dan crafitng, juga ada Fast Travel, setiap kalian berhasil ngambil pos. Ditambah lagi banyaknya side mission yang bisa kalian ambil kapan saja. Ditambah lagi, adanya spot buat manjat. Spotnya ditandai dengan tali atau akar pohon yang menjalar.


  • Crysis 2.
Crysis 2 memang gak dominan dari AC3. Namun hal itu dapat kalian lihat dari sisi FPS Charnya. Ketika cover, akan terlihat Jason berusaha menempelkan senjatanya pada tembok atau objek apapun. Berikutnya pas jatuh, terlihat tangannya bantu menopang, itu sama dengan Crysis 2. Crysis 2 bisa masang aksesoris buat senjata, namun disini ada yang bisa. ada yang nggak. Crysis 2 ada xp level yang bisa buat upgrade skill, skillnya gak cuma ada 1 tapi 3 jenis. Sama halnya dengan Far Cry 3, Far Cry 3 juga ada xp level tersebut, adanya 3 jenis skill yang bisa kalian naikin secara bersama. Sebagai penandanya adalah tangan kiri Jason ada tatto. Semakin banyak tatto, semakin banyak skill yang kalian naiki. Far Cry 3 juga bisa menandai musuhnya dengan menggunakan kamera SLR.

Gameplay FPS inilah yang bikin game ini terlihat menajubkan. Banyak gamer lain berpendapat bahwa grafik Far Cry 3 bisa dibilang, mendekati-realistis. Wujud pohon dan dedaunan yang hampir mirip dengan aslinya membuat game ini mendapat pujian bagus bagi, gamer yang cuma doyan grafik. Ditambah dengan adanya Hewan-hewan liar, yang sebagian adalah hewan-hewan yang dilindungi oleh WWF tersebut, diantaranya  Harimau Sumatra, Komodo dan Kasuwari.

Dari sisi Survival, Saya pada awalnya kaget ketika darah mulai abis dan stok mediicine kosong. Apa yang terjadi? Jason mengobati tangannya dengan ala kadarnya, seperti membalut kain dibagian yang terluka, mengcongkel peluru dari pisau, atau saat tidak tertembak, Jason meluruskan tangannya layaknya orang terkilir. Kelihatannya aneh, namun bagi saya itu keren. Jarang game Adventure Survival yang menggunakan program seperti itu.

Belum lagi combat battle. Takedown disini ada beberapa macam. Selain Silent Takedown. Ada juga Knife Throwing Takedown, Gunslinger Takedown, dan Chain Takedown. Knife Throwing Takedown, Take down favorit saya. Karena saat berhasil Takedown, lalu ngambil pisau terus dilempar. Itu bisa jadi serangan yang ekeftif dan kemungkinan untuk dikeroyok hanya sedikit. Chain Takedown, yaitu takedown lebih dari satu kali secara berurutan. Samalah kaya Assassain Creed 3 yang bisa ngekill secara beruntun. Gunslinger Takedown sendiri adalah takedown lalu second takedownnya makai pistol. Untuk Gunslinger Takedown sendiri, belum pernah berhasil sampai sekarang.

Walaupun gameplay hampir sama dengan Assassin Creed 3. Yang membedakan adalah XP level. Far Cry 3 terdapat jenis Skill. Heron, Shark dan Spider.

  • Heron.
Heron skill lebih ke Long Takedown dan Mobility. Serangan jarak jauh akan menjadi pilihan serta takedown jarak jauh.


  • Shark.
Shark skill lebih ke serangan langsung ala rambo bagi yang suka serangan langsung membabi buta.


  • Spider.
Spider skill mengacu pada Stealth takedown dan survival.

Tips and Trick

  • Sesering mungkin side mission buat fast farming.


Bisa dibilang, ngumpulin duit di Far Cry 3 memang susah. Main mission aja masih kurang, dan jumlahnya gak  banyak. Biar cepet cara ngumpulin uang di Far Cry 3 adalah sering ambil Challenge, berpura race, poker, kmife throwing atau lainnya. Selain itu bisa juga nyari Relic, Lost letter dan item yang tersebar dimana-mana. Hasilnya juga lumayan tapi saya sarankan pakai cara pertama, karena cara itu dapetnya secara bertahap.

  • Capture post dan Radio Tower terlebih dahulu jika Main Missionnya berada pada map yang belum terlihat.


Alasanya begini, ketika laian mulai main mission dan dalam map belum kelihatan. Hal yang kalian pikir pertama adalah "Cari Radio Tower." Mengapa? supaya pas kalian mulai Main Mission kalian gak kebingungan dan Post liberated akan kelihatan dalam map.Setidaknya hal itu mempermudah kalian untuk capture post yang ada. Hal yang meguntungkannya adalah beberapa weapon akan terbuka dalam shop, diantaranya ada yang free.

  • Sesering mungkin main Takedown dan silent kill.


Sederhana saja sih, supaya kalian gak terlalu banyak habisin health potion dan gak mati dikeroyok. Selain itu, jika kalian kill takedown justru XP nya jauh lebih banyak dibandingkan kalian bermain bak Rambo yang kebal peluru. Equipment slot setidaknya harus ada panah, karena panah senjata tanpa suara dan itu lebih menguntungkan daripada senjata yang menggunakan peredam.

  • Jika ada hewan dalan kurungan, gunakan sebagai pengalih perhatian.


Jika kalian melihat ada hewan di dalam kandang. Sebaiknya kalian tembak kandangnya dan biarkan hewan tersebut menghabisi orang - orang disekitarnya. Selama hewan lagi nyerang, sekalian bantu dengan tembakan.
Categories:

14 komentar:

  1. NIce Bro.. Gue Sependapat... Tapi Sampe tamat belum bisa throwing knife hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Throwing knife. ketika orang pertama udah di takedown, yang didepan itu yang bisa throwing knife

      Hapus
    2. Ada di Skill itu Throwing Knife nya

      Hapus
  2. Baggaimana itu misi Find Someone...... di Mike's Bar???

    BalasHapus
  3. Kalo mau nambah slot health gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bro di skillnya gambar hiu klo gk salah

      Hapus
  4. gan.....punya gue kok gak ada suara nya ya.....waktu gue instal game nya pake bahasa rusia....wktu pake bahasa rusia masih ada suara nya....tapi setelah gue ganti bahasanya jadi inggris malah gak ad suara percakapan ny....tolong bantu gan....

    BalasHapus
  5. gan.....punya gue kok gak ada suara nya ya.....waktu gue instal game nya pake bahasa rusia....wktu pake bahasa rusia masih ada suara nya....tapi setelah gue ganti bahasanya jadi inggris malah gak ad suara percakapan ny....tolong bantu gan....

    BalasHapus
  6. Ada kok di upgrade item atau skill. Cari aja


    Masalah gak ada suaranya, ganti aja cracknya. Itu dari cracknya sendiri.

    BalasHapus
  7. Bro gue gamer newbie nih pc gua rusak sementara, spek notebook gue yang segitu minimnya kira2 masuk ga ya farcry 3 thanks before cheers

    BalasHapus
  8. Broh kalo udah ngumpulin relic ada hadiahnya ga?

    BalasHapus
  9. Bang slot senjata bisa di up gak

    BalasHapus
  10. Bro, kalo kita batalin panahnya pencet apa?

    BalasHapus