Kamis, 02 Juli 2015

Refleksi DOTA

Jika pada umumnya orang ngelakuin refleksi lewat kitab suci, bacaan renungan atau lewat kisah-kisah orang yang dianggap bisa memberi pencerahan. Anehnya justru saya menemukan media refleksi lain yaitu dengan video game.

Hal ini bermula ketika saya main DOTA 2 di rumah teman saya, Billy. Bisa dibilang dia orang yang buat saya main DOTA 2. Dengan segala rayuan yang dilontarkannya bagaikan orang MLM, akhirnya saya mulai ikut main DOTA 2. Seperti pada orang umumnya, ketika mencoba hal baru pasti ada kesulitan dan dari situ kita mulai belajar. Begitupun juga saya. Perlahan tapi pasti saya mulai bisa mengendalikannya dan mulai bisa main dengan baik. Istilah-istilah dalam DOTA yang awalnya saya buta sama sekali, sedikit demi sedikit mulai paham dan gak kelimpungan ketika main.

Diawal-awal main, rasanya kaya ingus. Naik turun naik turun, kadang menang kadang kalah kaya gitu aja terus. Semakin kedepan semakin ngerasa jago. Dalam hati "Boleh juga nih." Tingkat Percaya Diri langsung naik drastis, dari situ udah mulai ngayal main tingkat turnamen bahkan sampai level pro. Pepatah mengatakan "Setinggi-tingginya pohon akan tertiup angin juga" Begitu juga yang saya rasain, karena keasikan ngayal yang tak terbendung makna ujung-ujungnya jatoh juga, dan itu merusak semuannya. Gaya main makin lama makin ngaco. Motivasi jadi kurang karena ngerasa gampang. Pahitnya lagi adalah saya gak ada perkembangan sama sekali atau progressnya mandek. Padalah secara logika kalo kita ngelakuin sesuatu hal yang sama berulang-ulang pasti progressnya akan terlihat. Sayangnya hal itu gak berlaku ketika saya main, semakin lama bukannya makin naik malah tetep aja mandek, parahnya lagi kalo sampe turun. Sakit men rasanya.

Seperti yang udah dijelasin di awal. Media refleksi bisa dari masa saja, termasuk video game. Waktu itu dapet pencerahannya pas selesai main tempat Billy. Malem-malem jam 12, pulang sendirian bawa motor. Untungnya gak ketemu begal pas di jalan. Pas berhenti di perempatan, tiba-tiba aja dateng terlintas dipikiran saya. "Selama ini kalo main DOTA kok mainnya hampir sama kaya kehidupan sehari-hari. Senengnya main aman, gak mau ambil resiko. Harus nunggu orang dulu baru berani maju. Selalu berada dibarisan belakang. Gak berani ambil barisan depan." Pokoknya banyaklah, ntar kalo disebutin semua aibku kebongakr lagi. Tetapi intinya adalah bahwa Video game bisa memberi dampak positif. Sampe tak tebelin tuh, karena ini bener dan saya sendiri udah ngerasain. Dengan main game saya belajar bahasa inggris tanpa les. Dengan game saya punya teman. Dengan game juga saya tahu banyak hal yang gak pernah kalian dapatkan selama didalam kelas. Masih kurang bukti konkret, silahkan googling sendiri deh. Males nyebutin satu persatu.

Dari tulisan ini saya harap. Apa yang saya tulis ini bisa ngaruh pada orang yang baca ini dan saya sendiri. Karena yang namanya manusia pasti harus berkembang setiap waktu, gak mungkin manusia bentuknya gitu-gitu aja sampai dunia kiamat. Pasti ada yang berubah atau ada yang berkembang.
Categories:

1 komentar: