Kamis, 22 Agustus 2013

Kenapa gaya bicara anak jurusan IPA ngomongnya aneh-aneh?

Beberapa waktu lalu saya mendengar teman saya ngomong kalau "Orang yang waktu SMA ngambil jurusan IPA itu ngomongnya aneh-aneh dan terkesan kurang familiar ditelinga banyak orang" Saya sendiri juga menemukan hal itu. Saya di SMA juga ngambil jurusan IPA dan itu sudah menjadi gaya bicara kami sehari-hari. Bukan tanpa alasan mereka berbicara seperti itu. Biar saya jelaskan ya...

Secara jurusan IPA adalah jurusan yang mayoritas menggunakan logika dan hanya beberapa yang menggunakan hafalan. Pelajaran seperti Fisika, Kimia dan Biologi lebih sering ditulis dengan bahasa yang tidak umum didengar orang awam. Misalkan biologi, biologi didominasi dengan bahasa latin dan bahasa -bahasa ilmiah seperti H2O. H2O sendiri artinya Air, terkadang suka dibuat bahan obrolan kaya gini "Ada H2O gak? Aku minta." Buat yang gak belajar IPA, percakapan tersebut kesannya aneh dan gak masuk akal namun bagi orang yang belajar IPA sah-sah aja karena mereka mempelajari itu. Ada lagi namanya NaCL. NaCL artinya garam dalam rumus kimia. Beberapa diantara kita pasti pernah dengar atau ngomong gini "Kalo NaCL artinya garam, jadi kepasar kalo beli garam bilangnya NaCL dong?" Sayapun pernah mempratekan didepan guru dan teman-teman saya. Belum lagi fisika. Fisika yang pelajarannya bikin galau juga bisa dibuat seperti halnya H2O dan NaCL. 

Dalam fisika ada istilah Usaha. Usaha dirumuskan sebagai W = F.a yang artinya Gaya dikali Aselerasi sama dengan Usaha. Jika dibahasakan secara umum artinya "Kalo mau USAHA haruslah banyak GAYA tapi kalo gak punya ASELERASI, USAHAmu mubazir. Contohnya kalo mau ngegebet orang. Kita gak mungkin dong dapet dia gitu aja? Pastiya ada Usaha. Usahanya kaya gimana? Banyaklah mengeluarkan Gaya, gayanya bisa berupa obrolan singkat atau apapun yang bersifat menarik perhatian. Itu belum cukup, harus punya aselerasi juga. Bentuknya seperti apa yang dilakukan dia, kita ikutin. Kan gak mungkin deketin hanya bermodalkan "Bribik" harus ada aselerasinya, kaya ngajak nonton, makan atau kemana aja lah... Biar usahanya gak sia-sia. 

Jadi bisa disimpulkan kalo anak IPA itu omongannya aneh-aneh bukan karena ganguan saraf melainkan karena mereka pelajaran IPA seperti itu. Bacaannya juga kaya gitu, ada bahasa latin, bahasa ilmiah dan bahasa yang diucapinnya susah.

1 komentar:

  1. Hehehe yang H2O pernah aku pake buat percakapan juga. "Duh haus nih, minta H2O"nya dong.
    Peribahasa anak IPA juga ada yang berubah setelah pelajaran Kimia. "Sudah pernah makan asam garam" jadi, "sudah lernah makan asam, garam... dan basa" :)
    Salam kenal sebelumnyaaa

    BalasHapus