Kamis, 12 Desember 2013

Anniversary yang Salah Kaprah

Sering kali saya melihat dijejaring sosial istilah anniversary.  Anniversary artinya hari jadi sebuah hubungan atau peringatan dalam waktu setahun sekali. Sayangnya ketika kata anniversary masuk ke Indonesia dan menjamur ke ABG-ABG, kata anniversary menjadi salah kaprah dan jauh dari arti sesungguhnya. Jika kita perhatikan, banyak yang bikin status macam begini "Happy anniversary 3 bulan sayang." atau "Happy anniversary ke-30 ." Mungkin bagi mereka itu bener, karena artinya hari jadi. Namun kalo kalimat itu dipake diluar negeri atau dipake dihadapan orang yang ngerti bahasa inggris. Ya nggak bisa lah! 

Kenapa gak bisa?

Barusan tadi searching digoogle. Sebenarnya kata "Anniverasary" yang membuat artinya adalah tahunan adalah kata "Ann" itu sendiri. Sedangkan orang Indonesia cenderung memperingati tanggal jadiannya setiap sebulan sekali. Itu sudah terjadi sebelum kata "Anniversary" menginvasi ABG-ABG Indonesia. Dari pertama kali aku mulai pacaran memang sudah begitu. Tiap sebulan sekali pas tanggal jadian selalu diperingatin. Entah jalan bareng, makan bareng atau tuker-tukeran hadiah. Sampe gak dirayain, dibilang udah gak sayang. Bahkan telat ngerayain juga dibilang gak sayang. 

Kedua. Mungkin orang-orang indonesia apabila menangkap pengertian, itu gak lengkap. Asal udah tahu artinya, langsung diambil kesimpulan sendiri. Seperti Anniversary itu. Ketika orang-orang tahunya arti Anniversary adalah hari jadi. Langsung disimpulkan dan dipakai begitu saja tanpa cari tau maksud penggunaan kata yang tepat dimana. Jadi kalau Happy Anniversary ke-30, masa mereka udah jadian selama 30 tahun. Gak mungkin kan? Jika aku nemuin temenku bilang begitu atau buat status seperti itu, aku malu. Karena mereka cuma ikut-ikutan orang lain dan gak tau arti sesungguhnya. 

Jadi yang gak pengen salah kaprah. Pas mau ngomong atau bikin status anniversary pastikan kalian udah jadian setahun, Baru kata "Anniversary" dipakai. Jika terpaksa bulanan ganti dengan kata "Monthversary"

3 komentar: