Minggu, 31 Agustus 2014

Malas Pangkal Kreatif

Kalimat diatas pasti tidak pernah disangka orang awam. Umumnya orang-orang mengenal istilah "Rajin pangkal pandai, Hemat pangkal kaya" Kalimat itu yang selalu kita dengar dari siapapun. Entah dari orang tua, Guru bahkan teman sekalipun. Namun satu hal yang menurut saya harusnya ditambahkan juga, adalah Malas pangkal kreatif. Sepintas, orang akan bertanya-tanya pada saya. Emang iya malas itu pangkal kreatif, bukannya malas itu bikin bodoh, kok bisa bikin kreatif? Daripada bingung sendiri, biarkan saya jelaskan mengapa malas itu pangkal kreatif.

Bermula saat ada jam kuliah pengantar mekatronika. Dosen saya bercerita tentang peralatan mekatronika di masyarakat, khususnya di pabrik industri. Alat-alat mekatronika akan banyak dipakai dalam waktu beberapa tahun kedepan. Maka dari itu sedikit demi sedikit alat otomatis mulai bermunculan dari yang sederhana hingga rumit. Karena alat-alat itu akan membantu pekerjaan manusia dan menghemat waktu. Bayangkan saja, orang dulu kalau mau ngebor tanah harus dilakukan secara manual menggunakan tenaga fisik manusia. Karena hal itu melelahkan makanya dibuat alat bor dengan tenaga mesin, walaupun sudah dibuat tetap saja harus dipegang oleh manusia biar gak kemana-mana, saya aja males kalo harus nungguin. Akhirnya dibuat mesin bor listrik, kali ini pengorepasiannya menggunakan komputer, tinggal diprogram langsung jalan. Gitu kan enak, bisa  bales BBM, ngupil atau main game sambil nungguin mesin bor berkerja.

Dari situkan bisa dilihat kalau Malas itu bisa memunculkan sesuatu yang kreatif. Gampangannya aja deh, kita dulu kalo mau makan mie harus beli tepung lalu bikin adonan mie, kan lama banget tuh. Kemalasan orang-orang itulah yang membuat adanya mie instan, tinggal rebus, ditunggu lalu makan deh. Kita bisa lihat di Jepang, negara yang terkenal dengan orang-orangnya yang visioner. Terbukti dengan banyaknya barang elektronik yang dibuat oleh Jepang. Temen saya namanya Oshin, yang kuliah di Jepang, dia pernah cerita kalau disana banyak rokok, minuman kaleng bahkan celana dalem dijual lewat mesin vendor. Gak kebayang celana dalem dijual lewat mesin. Kalo ada orang yang beli terus pas dipake kok rada nyelip kan gak bisa tuker, alhasil beli lagi. Bayar dobel deh. Dari situ bisa dilihat kalau kehidupan orang jepang itu sangat sibuk. Karena kesibukan mereka akhirnya memaksa mesin vendor menjual makanan, rokok hingga celana dalem. Mau gimana lagi, orang-orangnya aja pada sibuk pergi ke toko buat beli makan. Yaudah beli aja di mesin vendor. Praktis gak ribet. Itu baru satu dari banyaknya jenis kemalasan yang menunculkan kreativitas.

Masalahnya di Indonesia sendiri, anggapan malas itu selalu identik dengan gak mau kerja dan gak bisa apa-apa. Orang yang kerjaannya diem aja dianggap males. Belum tentu lho dia itu males, bisa aja dia lagi mikir cara agar waktu buat kerja gak kebuang banyak, dengan kata lain efisiensi waktu. Orang yang suka mikir begitu pasti punya pandangan layaknya negara maju didunia. Gak percaya? Perhatikan saja negara-negara yang membuat alat-alat elektronik. Mereka bikin alat itu idenya darimana kalau bukan dari "Kemalasan" orang-orang pada suatu hal atau aktivitas.

Buat saya setiap orang punya sisi dimana mereka malas. Malas buat saya bisa diubah tapi gak bisa dihilangin. Kalo malas dihilangi nantinya kita akan terkotaki pada suatu hal tertentu. Kreatifvitas akan mati dengan sendirinya.
Saya sendiri, sampai sekarang mulai mengubah dan memanfaatkan kemalasan saya. Gampangnya aja ya. Hari senin dikasih tugas, tugasnya dikumpulin hari jumat tapi hari kamis pengen main seharian. Kalo hari kamis gak mau ngerjain tugas berarti hari senin sampai rabu adalah hari dimana kita bisa ngerjain tugas. Jika tugasnya udah dikerjain di hari itu otomatis hari kamis bisa main sampai puas tanpa mikirn apapun. 


3 komentar:

  1. kalo dipikir pikir bener juga ya "malas pangkal kreatif"
    :D

    BalasHapus
  2. Akhir-akhir ini lagi nyari bacaan yang seperti ini, setuju sekali. Kadang aku maksa kalo waktu kosong biar 'jangan buang waktu, kerjain PR, lakukan sesuatu yang berguna.' tapi lama-lama jadi kepikiran, nggak lama setelah itu langsung ketiduran, walau tidurnya lama tapi jadi nggak efektif karena tidurnya kepikiran(y). Intinya yah, rasa malas itu ada baiknya, masak sih manusia rajin terus, toh bukan robot, dengan malas kita bisa istirahat, asal jangan berlebihan. Hehe.

    BalasHapus
  3. bener juga yah malas pangkal kreatif, karena terbiasa dengan artian malas dari sisi negatif jadinya ga kefikiran sama sekali kalo barang" praktis dibuat penyebabnya karena malas

    BalasHapus