Jumat, 24 Juli 2015

Alasanku Gak Seneng Nongkrong

Ketika orang-orang melepas penat dengan ngumpul di suatu tempat, entah mall, cafe atau pinggir jalan. Ngomongin apapun yang terjadi disekitar mereka, entah yang bermutu atau gak bermutu. Asalkan ada objek yang bisa di jadiin bahan diskusi, nongkrong pun berjalan. Nongkrong terjadi karena ada suatu pembahasan/topik yang bisa dibicarakan secara bergerombol, karena nongkrong gak mungkin sendirian.

Ketika temen-temenku seneng yang namanya nongkrong. Aku justru sebaliknya. Jujur, aku sendiri gak seneng nongkrong. Aku gak seneng bukan karena tempat atau makanannya. Lebih karena suasana tempat tongkrongan yang rame banget, bahkan asap rokok juga ikut meramaikan suasana nongkrong. Jadinya dobel, gak seneng keramaian dan asar rokok.

Polusi suara dan polusi udara berkolaborasi dalam satu ruangan. Suara, karena aku gak suka kebisingan yang kata orang sebagai "pemecah suasana" Ketika orang bikin kebisingan sebagai suplemen moodboster, buat aku malah bikin drop. Bikin gampang capek. Gampang gelisah kaya ngerjain ujian akhir tapi pertanyaannya essay semua. Sedangkan rokok sendiri karena gak seneng aja sama asap rokok. Masa ngumpul sama temen kok dikasih asap. Kalo mau kanker pita suara jangan pake prinsip pertemanan yaitu saling berbagi. Enak aja donorin asap rokok. Ini organ tubuh yang desain Tuhan bukan buatan pabrik. Original, gak ada suku cadangnya. 

Percaya atau enggak, Majalah NewYork Times bikin liputan tentang fenomena nongkrong di Indonesia. Saking niatnya mereka bikin definisi dari Nongkrong.  Nongkrong is a word for sitting, talking and generally doing nothing. Nih artikelnya 7-Eleven Finds a Niche by Adapting to Indonesian Ways

Bisa tak bilang bahwa nongkrong sudah menjadi budaya di Indonesia. Mengapa aku bisa bilang gitu, karena sebuah istilah dari masa lampau mangan ra mangan sing penting ngumpul. Yang artinya, makan gak makan yang penting ngumpul. Kata lainnya apa kalo bukan nongkrong. Jaman dulu aja udah dibudidayakan nongkrong. Walau jaman dulu paling obrolannya seputar tentara belanda atau Alm Presiden Suharto. Jaman dulu masih susah sob. Internet belum ada, mentoknya nyari bahan obrolan dari koran, radio atau tempat umum.

 Menurutku itu sih asal usul nongkrong. Aku bukan sosiolog maknanya gak ada istilah-istilah intelek yang biasanya dipake pejabat atau ahli sosial.

Ketika aku gak seneng nongkrong bukan berarti aku kerjaannya dirumah terus. Ya gak juga, itu lebih kepada sari pati yang didapetkan dari nongkrong itu sendiri. Aku yakin jika kalian baca ini pasti akan bilang  "Nongkrong kan bisa ngilangin strees, mempererat pertemanan. Siapa tahu dari nongkrong dapet gandengan"

Itu bener, gak salah tapi klise. Itu alasan umum orang nongkrong. Aku gak mempungkiri kok. Hanya saja gak semua orang seneng bisa begitu. Gak semua orang seneng habis kuliah diajak ke kafe sampe malem. Gak semua orang seneng ngeluarin duit tanpa sebab. Gak semua orang seneng ceritain masalah pribadinya gitu aja. Kalo aku lagi capek mikirn kuliah, mending tak pake tidur daripada nongkrong. Biar otak leyeh-leyeh dulu sebelum diajak ngomong sama orang lain.

Jika terpaksa aku harus ikut nongkrong. Aku pastiin ini ada sesuatu yang bisa dibahas atau didiskusikan. Kalo gak ada atau cuma sekedar ngobrol ngalor-ngidul. Ngapain aku ikutan nimbrung, mendingan pulang baca berita. Lebih enak. Apalagi kalo orang yang ngajak aku nongkrong malah asik sendiri sama yang lain. Habis manis sepah dibuang. Udah kapok aku nongkrong, kalo diajakin lagi langsung tak tolak mentah-mentah. Ngapain juga aku ikut diskusi lalu pulang gak dapet apa-apa. dari segerombol orang yang membuat polusi suara dan polusi udara selama berjam-jam.
Categories:

5 komentar:

  1. Nongkrong juga harus diliat apakah itu bersifat positif atau tidak :)

    BalasHapus
  2. Setuju banget kang. Ak yo gak seneng nongkrong rame bareng2 ngalor ngidul cm buat dengerin omong kosong orang plg berkuasa di kumpulan itu.cuma buat tertawa plsu. Dan ak jg g dapet apa2. Apalgi org2 ny suka ngrasani wong liya yg g suka nongkrong. Tp beda bgt klo nongkrong buat reuni atw sama temen2 discuss,itu g masalah. Lha ini,nongkrongnya sm org yg pola berpikirnya cetek,rumah tangga hancur tp g ngaca ngomongin tingkah org.rata2…di suatu tongkrongan pasti ad org yg sok sok sok bgt tahu,g mau dikalahin omongannya,merasa paling bener sendiri. Jujur,ini curhat.hehehe...sip bgt blog nya.ak seneng g sendirian dlm hal ini. Thx bgt brow...
    Mgk bs discuss lg..hehehe...
    Ad di g+ y brow...trims...

    BalasHapus
  3. saya juga gak suka nongkrong sama ngerokok apalagi ngerumpi kan dosa ..
    ya gak . ? hee

    BalasHapus
  4. Ketika nanti sudah semakin dewasa apalagi berkeluarga memang lebih baik mengurangi nongkrong bagi yang suka nongkrong. Tp ada juga sih yang yang tetap langganan nongkrong sampai usia udzur. Dan itu bener deh menganggu orang yang mau produktif kerja. Drpd nongrong ga jelas kenapa ga berkarya. Tetap jadi diri sendiri

    BalasHapus