Selasa, 07 Juli 2015

Dear Haters

Malam hari sebelum tidur, biasanya saya iseng-iseng browsing internet. Entah asal googling, liat-liat video di Youtube atau jadi silent reader di Kaskus. Saat itu kebetulan saya lagi asik liat-liat video di Youtube dan gak sengaja nemuin Vlog Bayu Skak. Bagi yang gak tau Bayu Skak itu salah satu Youtubers Indonesia yang terkenal dengan logas jawa timuran. Cari sendiri aja di Youtube, pasti ada kok. Padahal saya sendiri gak ngikutin video-video bikinan Bayu Skak. Entak kenapa saya tiba-tiba pengen liat Videonya yang berjudul "Haters gonna Hate". Postingan ini adalah hasil dari apa yang saya liat dari Videonya Bayu Skak.

Sejatinya apa yang kita lakukan pasti ada yang suka dan ada yang enggak. Itu alamiah. Semua orang ngerasain, termasuk juga saya. 

Saya mulai merasa memiliki Haters itu ketika SMA. Pas itu ada anak kelas lain yang gak suka sama saya. Itu aja, gak ada sesuatu yang spesial. Begitu mulai kuliah pun juga sama. Ada yang gak suka sama saya walaupun saya dikampus gak banyak bikin sensasi, masuk dalam jajaran Mahasiswa dengan IPK diatas 3,0 atau pacaran sama idola kampus. Walau udah pernah ngerasain punya Haters namun yang satu ini rasanya nampol banget. Itu gak jauh beda ketika di hook Pudge dari hutan. 

SAKIT GILA COY!!

Semester kemarin adalah hal yang baru bagi saya karena jadwal kuliah di dominasi oleh kuliah praktikum. Jadi pulang kuliah bisa jam 4 walau jadwal pulang jam 3 sore. Ditambah lagi waktu daftar kuliah dengan ijazah SMA, yang notabene belajarnya lebih banyak menggunakan buku, alat tulis dan internet dalam kelas daripada belajar dalam bengkel, lapangan atau laboratorium. Untuk lulusan SMA yang biasa nukang atau pola pikir mereka praktis pasti gampang. Sedangkan saya yang pola pikir teoritis, seneng bayangin konsep abstrak dan sering nyantai saat SMA yang tiba-tiba harus belajar yang saya sendiri gak tau asal-usulnya darimana? Alasannya apa? Mengapa harus belajar ini? Pokoknya kayak militerlah. Suka gak suka harus nurut perintah komandan walau perintahnya gak masuk akal. Di militer, kita diajarin disiplin dan siap sedia dalam situasi apapun, termasuk siap dengan perintah komandan dan kalian gak bisa protes.

"Prajurit! cepat kamu tembak orang itu."

"Tapi pak? tapi.."

"Itu PERINTAAHHH!"

Balik ke The Haters. Karena banyaknya kuliah praktikum ditambah saya bukan orang yang cepat beradaptasi maka Haters ini mulai bermunculan sedikit demi sedikit. Terlintas dipikiran saya, Umumnya orang menjadi Haters karena dia merasa tersaingi oleh orang lain atau dia gak punya sesuatu yang dimiliki orang lain. They hate us because they ain't us. Definisi itu yang saya yakini seseorang menjadi haters. Sayangnya, saya gak termasuk keduanya. Nah bingung kan? Saya aja bingung, tapi kok tetep aja pada gak suka. Pengen banget saya ngomong sama haters saya.

"Kalian jadi hatersku? Percuma coy. Sekarang gak ada yang bisa dibanggain. Cari tuh orang yang terkenal, idola kelas, pacarnya kaya indomaret dimana-mana ada kalo perlu artis tuh yang sering nongol di TV."

Gak enak dikuping tapi itu benar adanya. Sekarang gini deh, perhatiin orang sekitar kalian yang gak suka sama seseorang. Perhatikan meraka, apa yang membuat meraka gak suka? Pastikan ada sesuatu yang membuat mereka gak suka kan. Entah ada yang pamer diri sendiri lagi liburan di Instagram, posting tiket bioskop sama pacar di Twitter bahkan yang sampai punya followers ribuan pun juga kena semprot. Jangan-jangan kalian salah satu dari meraka.

Dan yang menjadi sasaran para Haters pasti orang yang bisa dibilang punya sesuatu yang gak dimiliki oleh pelaku. Contoh yang paling gampang ya para selebriti itu. Kadang di TV atau di Instagram sering pamerin rumah atau apapun yang mereka miliki. Disaat bersamaan pula ada juga yang langsung komentar macem-macem. Ada yang bilang aji mumpunglah. Pesugihanlah. Simpenan pejabatlah. Pokoknya semua yang memakai imbuhan-lah masuk. Saya suka menjelajah akun orang lain, entah instagram, facebook atau apapun yang bisa dijelajahi. Saya yakin, pasti ada satu atau dua orang yang seneng ngasih komentar negatif. Yang jadi pertanyaan saya adalah Udah gak suka tapi masih aja follow? Mau ngikutin sampe kapan? Sampe dia dipanggil Yang Maha Kuasa. Jika kalian ngelakuin itu sama aja kalian itu peduli. Gimana gak peduli, ngelakuin apa aja dikomentarin bahkan sampai tahu nama pacar, nama temen, nama tukang ojek langganannya. Semuanya tahu melebihi orang tuanya sendiri.

Sebelum pergi, Saya cuma nitip pesen aja.
  • Buat Tersangka
Sebelum kalian membenci seseorang. Pikir-pikir dulu deh, kenapa kalian gak suka sama orang itu? Apa alasannya? Jangan sampai saat ditanya kalian gak bisa jawab. Semua itu pasti ada alasannya. Ada yang langsung diketahui dan ada yang tidak. Inget, jika kalian membenci seseorang sama aja kalian perhatian sama orang itu. Peduli sama orang itu. Kalian bukan Feni Rose. kalian gak dibayar buat ngegosipin orang. Ngapain capek-capek ngomongin orang, gak dibayar lagi.
  • Buat Korban
Dimanapun, kapanpun kalian berada pasti ada yang gak suka sama kalian. Mereka berusaha bikin kalian jatuh dan nyerah ditengah jalan. Berbahagialah kalian karena masih ada yang ngasih perhatian kalian selain orang tua kalian. Jarang lho ada orang yang perhatian sama kalian cuma-cuma. Ngurusin kalian cuma-cuma. Gratis lagi. Babysitter aja dibayar buat ngurusin orang. Lain kali, pas kalian ketemu sama haters kalian ucapin terima kasih udah perhatian dengan seksama jangan lupa kasih oleh-oleh yaitu pencapaian kalian sendiri.
Categories:

2 komentar:

  1. haters is fans! XD selow aja sih gue mah hehehe salam kenal ya

    BalasHapus
  2. Pembencimu adalah penggemarmu nomer satu...

    BalasHapus