Sabtu, 04 Februari 2012

Pencitraan (Ibadah)

Hari ju'mat, sebelum pelajaran biasanya ada ibadah. Tapi yang buat gue heran adalah aps guru agama bilang "Ibadah ini jangan jadikan formalitas tapi kesempatan untuk mendekatkan diri." Ada benernya juga kalo mendekatkan diri, masa iya, kalo bukan formalitas, sebelum ibadah ada guru yang merazia tipa-tiap kelas?


Saat ibadah, kebetulan yang tugas adalah kelas lain. Karena ibadah kristen (karena sekolah gue kristen)jadi ada "MC" yang rangkap jadi penyanyi, bagi yang gak nyanyi mereka dibelakang penyanyi, entah ngapain. awalmya gue pikir mereka Backing vocal, tapi kok ada yang maju ke depan terus bikin koreo, dan koreonya kayak "Acara musik pagi di TV". Namanya Ibadah kan harus serius, gak main-main. Nah, pas liat ibadah kemaren kayaknya bukan ibadah tapi gue ngerasa liat Dahsyat di RCTI. Gimana nggak? Jogetnya aja alay gitu. Dibilang kreatif... bisa tapi gak sesuai, kecuali mereka ibadah di perkumpulan orang-orang alay, baru cocok.


Ada lagi yang bikin gue bertanya-tanya. Kenapa yang nyanyi belagak "Peduli" di depan, tapi gak tau kan dibelakang kaya gimana? Biasanya yang nonton petugas nyanyi. Umumnya, mereka gak pada nyanyi, Dihitung secara perbandingan sekitar 3:1 lah...


Muncul lagi dibenak gue pada yang nyanyi. Saat pada diem, gak ada yang nyanyi, dia bilang "Temen-temen, kok gak ada yang nyanyi? Katanya mau muji Tuhan?" Mentang-mentang ibadah, dapet giliran tugas terus berani ngomong pake kata "Tuhan". Ini yang gue sebut pencitraan, karena pas mereka gak dapet giliran tugas, duduk dibelakang, loe pasti gak mau nyanyi kalo belum diomelin guru/petugasnya, tapi kalo udah di depan dan diliat langsung sama guru, baru deh mulai pencitraan, biar gak dapet pandangan negatif dari orang lain. Buat gue, sama aja loe munafik depan mereka. Karena gue sering mengamati mereka jadi tahu mana yang pencitraan dan yang nggak.


0 komentar:

Posting Komentar