Senin, 30 Juli 2012

Amsyong

"Amsyong banget dah, udah bayar malah-mahal taunya dapet kayak gini." 


Mungkin dulu kalian pernah mendengar kalimat ini atau pernah denger kata "Amsyong" tapi waktu itu gak tau artinya. Biar saya jelaskan, Amsyong sendiri merupakan bahasa slang dari kata apes atau secara harafiah artinya luka dalam. Biasanya yang bilang Amsyong kebanyakan orang-orang tionghua, entah udah turunan atau gimana juga gak jelas, yang jelas saya pertama denger kata "Amsyong" dari orang cina, saya akan cari tau kebenarannya (kebetulan banyak kenalan orang cina) 


Kalo kita artikan saat ini (menurut saya lho), Amsyong juga bisa disebut kata "Umpatan" bedanya Amsyong lebih halus sedangkan lainnya lebih kasar dan kata "Umpatan" lainnya bisa dibentuk menjadi kata sapaan, misal Cuk, Su, dst. Jadi bisa disimpulkan amsyong bisa disebut ungkapan ketika lagi apes atau yang lagi sakit hari. Saya akan memberi contoh beberapa kalimat yang menunjukan orang lagi amsyong.


  • "Udah lama ngincer cewek tapi cewek yang diincer sudah bersuami dan beranak 3." #amsyong
  • "Pas pelajaran ada yang sibuk sendiri tapi yang kena marah loe." #amsyong
  • "Pas ujian duduk didepan dan gak bisa nyontek." #amsyong
  • "Lagi asik ngegame tiba-tiba pacar ngomel minta dianterin shopping dan suruh nemenin." #amsyong
  • "Nembak cewek tapi ditolak dan dikatain kere." #amsyong
Selebihnya bisa kalian temukan sendiri, selamat mencari....

0 komentar:

Posting Komentar